Emergency Call
Registration
Follow Us

Chiki Ngebul Bahaya Ga Sih?

Bahaya nitrogen cair pada chiki ngebul

Chiki Ngebul Bahaya Ga Sih?

Nitrogen cair dalam makanan (LN2) adalah nitrogen fase cair dengan suhu sangat rendah dan titik didih mendekati -196˚C. Cairan ini biasanya digunakan untuk membekukan makanan dengan cepat seperti sayuran dan buah-buahan segar. Bahkan, penggunaannya diklaim lebih efektif ketimbang pembekuan manual.

Sayangnya, beberapa vendor justru menggunakannya untuk menunjukkan efek “berasap” pada makanan yang disajikan. Efek “berasap” ini terjadi ketika nitrogen cair yang sangat dingin bersentuhan dengan benda yang suhunya di atas titik didihnya. Suhunya terlalu dingin untuk ditambahkan ke makanan siap saji.
Bayangkan jika cairan ini dikonsumsi, maka tentunya tidak menutup kemungkinan akan terjadi luka serius pada saluran pencernaan, termasuk lambung. Konsumsi nitrogen cair ini sangat tidak direkomendasikan oleh dokter meskipun secara estetika menarik dan terlihat layak untuk dikonsumsi.

Baca juga: MITOS & FAKTA EMPENG PADA GIGI ANAK

Bahkan Kemenkes juga sudah meminta semua pihak untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap bahaya konsumsi jajanan ice smoke atau Ciki ngebul yang banyak dijual. Hal ini dilakukan untuk mencegah kasus keracunan pangan yang lebih parah akibat konsumsi nitrogen cair yang berlebihan di jajanan Ciki ngebul. Imbauan tersebut disampaikan dalam Surat Edaran Nomor KL.02.02/C/90/2023 tentang Pengawasan Terhadap Penggunaan Nitrogen Cair Pada Produk Pangan Siap Saji, yang ditandatangani oleh Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Maxi Rein Rondonuwu pada 6 Januari 2023. Surat Edaran Nomor KL.02.02/C/90/2023 tentang Pengawasan Terhadap Penggunaan Nitrogen Cair Pada Produk Pangan Siap Saji. Dalam SE tersebut, dijelaskan bahwa penggunaan dan penambahan nitrogen cair pada makanan pangan siap saji yang berlebihan dan dikonsumsi jangka panjang dapat menyebabkan masalah kesehatan serius.

Apakah aman dikonsumsi?

Nitrogen cair memiliki suhu rendah ekstrim sehingga membuat beberapa kerusakan seperti berikut:

  • Kerusakan kulit berupa Lepuhan (frostbite)
  • Perut begah
  • Perut terasa nyeri
  • Mual-mual
  • Muntah

Berikut adalah tips agar anak tidak jajan sembarangan

  • Buatkan makanan atau camilan yang bergizi
  • Biasakan anak untuk sarapan dan cukup makan
  • Bawakan bekal kesukaan anak
  • Berikan contoh tidak jajan sembarangan

No Comments

Sorry, the comment form is closed at this time.

Berikan Kesehatan Yang Terbaik
Untuk Anda dan Keluarga