Emergency Call
Registration
Follow Us

RADANG AMANDEL MENYERANG? KENALI GEJALA DAN CARA PENANGANANNYA!

Gejala dan Cara Penanganan Radang Amandel

RADANG AMANDEL MENYERANG? KENALI GEJALA DAN CARA PENANGANANNYA!

Radang Amandel atau Tonsilitis adalah kondisi dimana terjadi infeksi bakteri atau virus pada jaringan amandel. Amandel adalah 2 massa jaringan berbentuk oval yang terdapat di belakang tenggorokan. Amandel memiliki fungsi untuk menahan kuman agar tidak masuk ke saluran pernapasan yang dapat menyebabkan infeksi. Jaringan amandel juga membantu antibodi untuk melawan infeksi.

Namun demikian, jaringan amandel juga bisa mengalami peradangan dan pembengkakan. Pada kondisi demikian, jaringan amandel tidak dapat melakukan tugasnya, bahkan dapat menimbulkan komplikasi apabila dibiarkan meradang. Radang amandel sangat rentan menyerang anak-anak.

GEJALA RADANG AMANDEL

Gejala radang amandel (tonsilitis) yang umum dialami oleh anak-anak adalah sebagai berikut :

  • Sakit tenggorokan
  • Amandel terlihat bengkak dan memerah
  • Terasa nyeri saat menelan, biasanya membuat anak menjadi tidak mau makan atau ngiler karena sulit atau nyeri saat menelan
  • Terdapat perubahan suara atau suara serak
  • Demam, ditandai dengan anak rewel tidak seperti biasanya, serta
  • Sering mendengkur (snoring) dan mengalami gangguan pernapasan saat tidur (Obstructive Sleep Apnea)

KAPAN RADANG AMANDEL HARUS DIANGKAT?

Umumnya pengobatan radang amandel dapat ditangani dengan pemberian obat dan antibiotik oleh dokter bergantung pada penyebab infeksinya (apakah karena bakteri atau virus).

Namun pada kondisi yang sudah kronis (Tonsilitis Kronis), perlu dilakukan tindakan Tonsilektomi atau operasi pengangkatan amandel. Dokter Spesialis THT-KL di RSIA Bina Medika, dr. Rangga Rayendra Saleh, Sp. THT, menjelaskan bahwa kondisi-kondisi Tonsilitis Kronis Tersebut diantaranya adalah :

  1. Anak bunda mengalami peradangan amandel secara berulang sebanyak 4 kali dalam kurun waktu 1 tahun. Gejalanya bisa berupa demam, nyeri saat menelan, atau adanya perubahan suara.
  2. Adanya gangguan pernapasan saat tidur (Obstructive Sleep Apnea) ditandai dengan sering mendengkur saat tidur. Hal ini dapat menurunkan kualitas tidur sang anak dan umumnya anak-anak dengan gangguan ini cenderung akan mengalami penurunan performa belajar di sekolah akibat kurang fokus atau sering mengantuk saat di kelas.

FAKTA – FAKTA MENARIK TONSILEKTOMI DI RSIA BINA MEDIKA

Operasi Tonsilektomi merupakan tindakan bedah yang dilakukan untuk mengangkat amandel yang mengalami peradangan kronis. Tujuannya agar tidak terjadi komplikasi yang lebih parah. Meskipun tindakan bedah pada anak terdengar menyeramkan, namun Tonsilektomi di RSIA Bina Medika sangatlah aman dan nyaman dengan 6 Fakta menarik berikut :

  • Ditangani oleh Tim Dokter Spesialis THT Handal, RSIA Bina Medika memiliki tim dokter spesialis THT yang memiliki pengetahuan dan pengalaman khusus di bidang penyakit THT, serta profesional dalam menangani tindakan Tonsilektomi pada anak-anak dan dewasa. Sehingga Bina Family merasa nyaman ditangani Dokter Spesialis THT di RSIA Bina Medika. Bunda bisa konsultasi dengan Dokter Spesialis THT di RSIA Bina Medika sesuai dengan jadwal berikut :
  • Ruang Poliklinik dan Ruang Operasi yang Nyaman, Tidak hanya ruang poliklinik yang super cozy, RSIA Bina Medika juga mempunyai ruang tindakan operasi yang sangat nyaman dan tim dokter dan perawat ruang tindakan yang sangat ramah dan menenangkan. Sehingga pasien bisa relax dan tidak merasa tegang saat akan melakukan tindakan.
Poliklinik THT
Ruang Operasi
  • Menggunakan Metode Cold Dissection, Prosedur operasi Tonsilektomi yang digunakan adalah metode Cold Dissection sebagai metode yang paling aman dan umum dilakukan untuk menangani kasus tonsilitis kronis yang membutuhkan tindakan tonsilektomi.
Tindakan Tonsilektomi dengan Metode Cold Dissection
  • Menggunakan General Anesthesia, Operasi dilakukan dengan menggunakan bius umum yang berlangsung hanya 30 – 60 menit. Pasien akan ditidurkan dengan anestesi umum sehingga tidak merasakan sakit apapun selama operasi berlangsung. Pemberian anestesi ini juga ditangani oleh Dokter Spesialis Anestesi yang handal dan profesional, sehingga Bina Family dapat merasa tenang dan nyaman selama tindakan berlangsung.
  • Rawat Inap Hanya 1 Hari, Tidak perlu berlama-lama di rumah sakit, cukup rawat inap 1 malam untuk observasi, jika semua kondisi baik keesokan harinya pasien sudah bisa kembali ke rumah dan berkumpul bersama keluarga.
  • Aneka Menu Spesial RSIA Bina Medika, Tim Gizi RSIA Bina Medika akan menyiapkan aneka menu spesial untuk pasien post-tonsilektomi seperti es krim & pudding yang dapat membuat tenggorokan lebih nyaman. Terdapat pula menu seperti Jus Buah dan Sup Kaldu untuk mengurangi rasa mual dan memenuhi kebutuhan cairan. Tentunya dengan penyajian ala hotel yang menggugah selera! Anak dan Bunda Happy, pemulihan pun akan lebih cepat.
Menu Makanan Spesial Rawat Inap

Jika anak bunda mengalami Radang Amandel Berulang, RSIA Bina Medika menyediakan Paket Operasi Tonsilektomi sebagai solusi lengkap penanganan Tonsilitis Kronis anak bunda. Paket Operasi Tonsilektomi di RSIA Bina Medika mencakup :

  • Konsultasi Dokter Spesialis THT
  • Tindakan Tonsilektomi
  • Pemeriksaan Laboratorium
  • Kamar Perawatan
  • BPH dan Obat-obatan, serta
  • Administrasi.
Promo Paket Tonsilektomi

Untuk Detail Informasi dan Pendaftaran, Bina Family bisa menghubungi Customer Care kami melalui WhatsApp :

Layanan Terbaik untuk Anda dan Keluarga? Yuk ke Bina Medika!
#CareWithLove

No Comments

Leave a Reply

Berikan Kesehatan Yang Terbaik
Untuk Anda dan Keluarga