Emergency Call
Registration
Follow Us

BINA FAMILY PERLU TAHU! INSEMINASI UNTUK PROGRAM HAMIL : TINGKAT KEBERHASILAN, PROSES, DAN BIAYANYA

Inseminasi Program Hamil

BINA FAMILY PERLU TAHU! INSEMINASI UNTUK PROGRAM HAMIL : TINGKAT KEBERHASILAN, PROSES, DAN BIAYANYA

Inseminasi menjadi salah satu metode yang digunakan untuk mendukung program hamil pasangan suami istri. Metode ini menginjeksi langsung sperma ke dalam rahim untuk memperbesar kemungkinan terjadi pembuahan. Inseminasi menjadi salah satu solusi ayah dan bunda yang memiliki masalah infertilitas atau sudah lama menantikan kehadiran sang buah hati.

TINGKAT KEBERHASILAN PROGRAM INSEMINASI UNTUK PROGRAM HAMIL

Terdapat beberapa faktor yang turut mempengaruhi keberhasilan dari metode Inseminasi. Faktor-faktor tersebut diantaranya :

  • Faktor Usia Perempuan,¬†Inseminasi dapat optimal untuk usia perempuan di bawah 35 tahun dimana umumnya kualitas sel telur masih bagus, tidak ada sumbatan pada ovarium, dan memiliki cadangan sel telur yang tinggi.
  • Jenis masalah kesuburan yang dimiliki, masalah kesuburan pada pria dapat berupa kualitas pergerakan sperma yang sulit mencapai sel telur, namun apabila abnormalitas ini termasuk minim serta dibarengi dengan kualitas sel telur yang baik, kehamilan bisa tercapai. Sebelum melakukan program inseminasi, pemeriksaan gangguan kesuburan perlu dilakukan. Pada Pria dapat dilakukan analisis sperma, sedangkan untuk wanita bisa dilakukan pemeriksaan Histerosalpingografi¬†(HSG) dan USG Transvaginal.

Perlu diketahui bahwa metode inseminasi tidak menjamin 100% keberhasilan kehamilan. Menurut penelitian, metode Inseminasi Intrauterin (IUI) adalah jenis  metode inseminasi dengan tingkat keberhasilan tertinggi dibandingkan dengan jenis lainnya (incervical, intratubal, intrafollical, dan intravaginal), yaitu sebesar 40,5 %.

PROSES INSEMINASI INTRAUTERIN (IUI) DI RSIA BINA MEDIKA

Inseminasi Intrauterin menempatkan sperma langsung ke dalam rahim. Inseminasi ini dilakukan dengan bantuan dokter spesialis kandungan dan kebidanan. Pada metode ini, sperma akan diberikan perlakuan secara khusus untuk meningkatkan kemungkinan pembuahan.

Langkah-langkah utama dalam Inseminasi Intrauterin, diantaranya :

  1. Pemeriksaan kesuburan dan kesehatan organ reproduksi
  2. Mengumpulkan sampel sperma dari pasangan laki-laki
  3. Pembersihan sperma dengan perlakuan khusus untuk menghilangkan zat-zat lain dan menyisakan hanya spermatozoid motil (sel sperma yang aktif bergerak)
  4. Pembersihan serviks
  5. Proses penempatan sperma ke dalam rahim melalui serviks

Dokter akan menyarankan bunda untuk tetap berbaring selama 10-15 menit setelah tindakan untuk meningkatkan kemungkinan kehamilan.

Cari Tahu Juga : Akupunktur Medik dapat Membantu Program Hamil

BIAYA METODE INSEMINASI UNTUK PROMIL DI BINA MEDIKA

Estimasi biaya metode inseminasi untuk program hamil di RSIA Bina Medika dimulai dari Rp 9.000.000,- estimasi biaya ini mencakup :

  • Administrasi
  • Persiapan sel sperma
  • Tindakan Inseminasi, dan
  • Obat-obatan pematang sel telur.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut tentang program Inseminasi di RSIA Bina Medika, silakan hubungi Tim Marketing kami di nomor berikut ini :

No Comments

Leave a Reply

Berikan Kesehatan Yang Terbaik
Untuk Anda dan Keluarga