Emergency Call
Registration
Follow Us

PROGRAM HAMIL DENGAN AKUPUNKTUR? MEMANGNYA BISA?

Akupunktur Medik untuk Program Hamil

PROGRAM HAMIL DENGAN AKUPUNKTUR? MEMANGNYA BISA?

Akupunktur medis adalah metode pengobatan dari tiongkok yang memiliki banyak sekali manfaat pada berbagai penyakit. Bagi ayah dan bunda yang sudah lama menantikan kehadiran sang buah hati, ternyata metode ini juga bisa menjadi solusi program hamil loh! Yuk simak penjelasannya dari dokter Spesialis Akupunktur Medis di RSIA Bina Medika, dr. Hafiz Fizalia, Sp.AK, berikut ini.

TERAPI AKUPUNKTUR MEDIS DAPAT MENINGKATKAN KESUBURAN

Akupunktur medis terbukti dapat mengatur kestabilan hormon. Jarum yang ditusukkan pada terapi akupunktur dapat merangsang persarafan sepanjang titik-titik tertentu pada tubuh. Berdasarkan studi dari Shanghai University of Traditional Chinese Medicine menunjukan bahwa akupunktur dapat membantu mengobati berbagai masalah infertilitas akibat ketidak seimbangan hormon seperti sindrom ovarium polikistik (PCOS).

TERAPI AKUPUNKTUR MEREDAKAN STRES

Salah satu yang seringkali menjadi penghambat bunda untuk hamil adalah stres. Stres menyebabkan penurunan hormon kesuburan, seperti progesteron. Terapi akupunktur membantu menurunkan stres, sehingga membantu hormon-hormon kesuburan bekerja dengan optimal selama menjalankan program hamil.

TERAPI AKUPUNKTUR MENGATASI MASALAH INFERTILITAS

Infertilitas adalah kondisi kegagalan suatu pasangan untuk hamil sekurang-kurangnya setelah 12 bulan melakukan hubungan seksual secara teratur tanpa alat kontrasepsi. Gangguan infertilitas bisa disebabkan karena faktor wanita, faktor pria, atau keduanya. Penyebab infertilitas pada wanita dikarenakan gangguan ovulasi, kerusakan pada tabung saluran indung telur, tumor jinak yang tumbuh di rahim, dan Endometriosis. Sedangkan pada pria, gangguan infertilitas bisa disebabkan karena gangguan hormonal, gangguan fisik seperti varikokel, kelainan saluran sperma, infeksi dan penyakit, serta gangguan kombinasi fisik dan psikologi seperti impotensi, dan ejakulasi dini. 

Efek terapi akupunktur dalam mengatasi masalah infertilitas, diantaranya adalah :

  1. Akupunktur menyebabkan peningkatan aliran darah ke rahim dan indung telur sehingga nutrisi di rahim dan indung telur meningkat.
  2. Meningkatkan ketebalan dinding rahim sehingga kemungkinan terjadinya pembuahan lebih besar.
  3. Memperbaiki gangguan hormon
  4. Memperbaiki ovulasi dengan memodulasi sistem saraf pusat dan perifer, sistem endokrin, aliran darah ovarium dan metabolisme.

APAKAH AYAH JUGA PERLU LAKUKAN TERAPI AKUPUNKTUR?

Menurut penelitian di University Goce Delchev, Republik Macedonia, Terapi Akupunktur yang dilakukan secara rutin dapat meningkatkan jumlah dan pergerakan dari sperma, sehingga meningkatkan kesuburan pada pria. Oleh sebab itu, ayah juga sebaiknya melakukan terapi akupunktur untuk mendukung program hamil. 

Dengan manfaat-manfaat yang telah dijabarkan di atas, akupunktur medik bisa menjadi salah satu alternatif untuk mendukung program hamil baik alami maupun dengan metode inseminasi. Tidak ada salahnya mencoba cara ini untuk mewujudkan harapan ayah bunda menantikan sang buah hati, namun tetap jangan lupa untuk konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter spesialis Akupunktur Medik RSIA Bina Medika, ya!

No Comments

Leave a Reply

Berikan Kesehatan Yang Terbaik
Untuk Anda dan Keluarga