Emergency Call
Registration
Follow Us

KENALI KELEBIHAN METODE SUNAT KONVENSIONAL

Metode Sirkumsisi konvensional

KENALI KELEBIHAN METODE SUNAT KONVENSIONAL

Sunat atau Sirkumsisi pada Anak Laki-Laki merupakan sebuah tradisi yang umum dilakukan di Indonesia, tentunya karena sirkumsisi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Saat ini, terdapat berbagai macam metode sunat yang bisa dilakukan, namun metode sunat konvensional masih menjadi rekomendasi para dokter, salah satunya dr. Christoforus Kozzy, Sp.BA, Spesialis Bedah Anak di RSIA Bina Medika. Mengapa metode konvensional beliau rekomendasikan? Berikut penjelasannya.

APA ITU METODE SUNAT KONVENSIONAL

Metode konvensional menggunakan peralatan medis yang sudah sesuai standar sehingga aman dilakukan.

Pada metode ini, umumnya dokter menggunakan bius lokal. Bius umum/total juga bisa digunakan apabila kondisi pasien dikhawatirkan tidak kooperatif saat tindakan.

KELEBIHAN METODE SUNAT KONVENSIONAL

  1. MENGGUNAKAN PERALATAN MEDIS YANG STERIL DAN SESUAI STANDAR
    Pada sirkumsisi (sunat) dengan metode konvensional yang dilakukan di rumah sakit, peralatan yang digunakan telah disterilkan terlebih dahulu sesuai dengan standar untuk tindakan bedah untuk meminimalkan risiko infeksi.
  2. PERDARAHAN DAPAT LEBIH TERKONTROL
    Dokter yang melakukan tindakan akan melakukan penjahitan sekaligus mengevaluasi apabila ada perdarahan yang terjadi
  3. LEBIH MINIMAL RISIKO. Pada beberapa metode sunat lain seperti electrocauter/bipolar pen sealer, alat yang digunakan meningkatkan risiko komplikasi dari luka bakar pada penis. Oleh karena itu, metode sunat konvensional lebih direkomendasikan oleh beberapa dokter bedah anak serta pakar urologi, karena secara klinis terbukti lebih aman dan tidak menyebabkan komplikasi berat.

SUNAT DENGAN DOKTER UMUM VS DOKTER BEDAH

Selain mempertimbangkan metode sunat, bunda juga perlu untuk mempertimbangkan siapa yang melakukan tindakan. Pastikan bahwa yang melakukan tindakan adalah tenaga profesional medis berpengalaman untuk menjamin keamanan anak bunda saat pelaksanaan tindakan.

RSIA Bina Medika merekomendasikan pelaksanakan tindakan sirkumsisi oleh Dokter Spesialis Bedah atau Spesialis Bedah Anak, karena Dokter Bedah dapat melakukan penilaian dan menentukan penanganan yang tepat sesuai kondisi tubuh anak. Dan apabila ditemukan kelainan pada organ atau terdapat kondisi medis lainnya yang butuh perhatian, dokter bisa memberikan edukasi dan penanganan yang lebih tepat.

MENGAPA ANAK LAKI-LAKI PERLU DISUNAT?

Terlepas dari metode yang digunakan, sirmkumsisi telah terbukti memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. Beberapa manfaat sirkumsisi bagi anak laki-laki, diantaranya adalah :

  • Mencegah gangguan kesehatan pada penis seperti fimosis dan parafimosis
  • Mengurangi risiko infeksi saluran kemih karena penis yang disunat lebih mudah dijaga kebersihannya,
  • Mengurangi resiko kanker penis, dan
  • Menurunkan resiko terkena penyakit seksual menular.

Itu tadi kelebihan-kelebihan metode sunat konvensional. Jadi sudah semakin mantap untuk sirkumsisi si kecil ya, bunda? Sirkumsisi anak yang dilakukan saat bayi (kurang dari 6 bulan) mempunyai banyak kelebihan loh bun! Diantaranya perawatan pasca operasi lebih mudah dan penyembuhan juga bisa lebih cepat karena luka relatif lebih kecil.

Paket Promo Sirkumsisi di RSIA Bina Medika

Pastikan bunda konsultasi terlebih dahulu dengan Dokter Spesialis Bedah atau Bedah Anak di RSIA Bina Medika, sebelum memutuskan untuk sirkumsisi anak bunda, ya!

Stay Healthy Bina Family
#CareWithLove

No Comments

Leave a Reply

Berikan Kesehatan Yang Terbaik
Untuk Anda dan Keluarga