Emergency Call
Registration
Follow Us

JANGAN KASIH KENDOR! DIABETES JUGA BISA TERJADI DI USIA MUDA

Waspadai Diabetes di Usia Muda

JANGAN KASIH KENDOR! DIABETES JUGA BISA TERJADI DI USIA MUDA

Diabetes Melitus selama ini menjadi suatu penyakit yang identik menyerang seolah hanya di kalangan Lansia. Namun sebenarnya, Diabetes juga bisa diderita oleh kalangan usia muda loh, Bina Family!

Diabetes melitus terbagi menjadi 2 tipe, yaitu tipe-1 dan tipe-2. Diabetes tipe-1 disebabkan karena penyakit autoimun yang menyebabkan pankreas tidak bisa memproduksi insulin. Sedangkan diabetes tipe-2 lebih banyak dipengaruhi oleh pola makan yang tidak sehat dan tidak terkontrolnya asupan yang masuk ke dalam tubuh.

RESIKO DIABETES DI USIA MUDA

Dengan berkembangnya berbagai pilihan menu makanan yang tersedia saat ini, serta kesibukan orang-orang di usia muda, makanan cepat saji (fast food) dan makanan/minuman manis seperti donat, boba milk tea, dan kopi susu menjadi pilihan yang lebih banyak diminati. Kebiasaan konsumsi makanan dan minuman tersebut secara berlebihan bisa menjadi pemicu utama penyakit Diabetes Melitus Tipe-2. Selain itu, faktor berat badan yang berlebihan, genetik, serta gaya hidup yang kurang bergerak atau kurang berolahraga juga menjadi faktor pemicu lainnya.

GEJALA DIABETES DI USIA MUDA

Biasanya, tanda-tanda peringatan bahwa seseorang memiliki Diabetes sangatlah ringan dan seringkali tidak disadari hingga akhirnya seseorang merasakan kerusakan jangka panjang yang disebabkan oleh penyakit tersebut dan pada diabetes tipe-1, gejala bisa terjadi dengan sangat cepat dan lebih parah.

Beberapa gejala yang perlu Bina Family waspadai adalah sebagai berikut :

  1. Mudah lapar dan kelelahan (Polifagia)
    Energi yang kita gunakan untuk beraktivitas sehari-hari bersumber dari penyerapan glukosa dari makanan. Namun untuk dapat menyerap glukosa, tubuh membutuhkan hormon insulin. Penderita diabetes mengalami gangguan dalam produksi insulin, oleh karena itu, sel tubuh tidak dapat maksimal mengkonversi glukosa menjadi energi. Akibatnya tubuh menjadi mudah lelah.
  2. Sering haus dan lebih banyak buang air kecil (Polidipsi dan Poliuria)
    Pada kondisi kadar gula darah yang tinggi, tubuh menjadi lebih mudah haus. Hal ini disebabkan karena pada kondisi kadar gula darah yang tinggi, tubuh menarik cairan lebih banyak dari jaringan dan menyebabkan dehidrasi. Konsekuensinya, penderita diabetes lebih sering minum dan membuat intensitas buang air kecil menjadi lebih besar. Gejala ini lebih sering terjadi pada malam hari.
  3. Gangguan Pada Penglihatan
    Kondisi kadar gula darah yang tinggi menyebabkan tubuh menarik cairan dari lensa mata. Akibatnya pengelihatan menjadi tidak fokus atau kabur.
  4. Penurunan Berat Badan
    Terjadinya penurunan berat badan meskipun sudah makan lebih banyak dari biasanya, menjadi salah satu tanda-tanda diabetes pada usia muda. Hal ini disebabkan karena tubuh tidak mendapatkan cukup kalori akibat kurangnya suplai energi dari glukosa.
  5. Luka menjadi lebih lama sembuh
    Seiring waktu, gula darah yang tinggi dapat mempengaruhi aliran darah dan menyebabkan tubuh sulit untuk menyembuhkan luka atau luka sulit untuk kering.

MENCEGAH DIABETES SEJAK DINI

Diabetes Melitus menjadi penyakit yang tidak bisa disepelekan dan bisa terjadi pada siapa saja, terlebih apabila Bina Family merupakan kelompok yang beresiko tinggi terkena Diabetes, yaitu :

  • Memiliki riwayat keluarga terkena diabetes,
  • Memiliki kelebihan berat badan, dan
  • Kurang aktivitas fisik dan tidak pernah berolahraga.

Maka dari itu, Bina Family perlu lebih memperhatikan kondisi tubuh untuk mengantisipasi Diabetes di usia muda. Hal-hal yang bisa dilakukan, diantaranya adalah :

  1. Menerapkan Pola Hidup Sehat
    Mulai mengontrol asupan gula dan menerapkan pola makan dengan gizi seimbang merupakan hal yang paling utama untuk dilakukan guna mencegah penyakit diabetes. Imbangi juga dengan aktivitas fisik yang cukup. Apabila pekerjaan Bina Family tidak melibatkan banyak gerakan seperti pekerjaan kantor, maka luangkan waktu untuk tetap berolahraga secara rutin untuk menjaga berat badan tetap ideal.
  2. Pemeriksaan Kesehatan Secara Rutin
    Diabetes merupakan penyakit yang gejala awalnya tampak ringan dan seringkali tidak disadari. Oleh karena itu penting untuk melakukan pemeriksaan Gula Darah baik Gula Darah Sewaktu ataupun Pemeriksaan Gula Darah Puasa, untuk mengetahui pasti kondisi kadar gula darah di dalam tubuh. Sehingga tindakan penyembuhan dapat segera dilakukan jika kadar gula darah mulai tidak terkontrol.

Nah, itu tadi penjelasan tentang Diabetes yang bisa terjadi di usia muda. Maka dari itu, lakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin. Paket Ramadhan Bebas Diabetes di RSIA Bina Medika bisa menjadi pilihan Bina Family untuk lakukan pemeriksaan Diabetes lengkap dengan konsultasi dokter spesialis penyakit dalam. Yuk Booking sekarang!

paket Pemeriksaan Diabetes
No Comments

Leave a Reply

Berikan Kesehatan Yang Terbaik
Untuk Anda dan Keluarga