Emergency Call
Registration
Follow Us

JANGAN DISEPELEKAN! KENALI GEJALA KANKER TULANG!

Gejala Kanker Tulang

JANGAN DISEPELEKAN! KENALI GEJALA KANKER TULANG!

Kanker tulang merupakan jenis kaker yang muncul pada sel-sel di dalam tulang. Kanker ini dapat terjadi pada bagian tulang manapun pada tubuh manusia, namun paling sering terjadi pada tulang panjang, seperti tulang tangan dan kaki. Sebagian besar tumor yang terbentuk di tulang bersifat jinak, namun jika berkembang, sel kaker bisa menghancurkan tulang dan berakibat pada rapuhnya tulang.

Hari Kanker Tulang yang diperingati pada tanggal 11 April 2022, menjadi momentum untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya mengenali gejala kanker tulang guna mendeteksi dini dan meningkatkan kemungkinan sembuh dari kanker tulang.

Osteosarcoma adalah jenis kanker tulang primer terbanyak. Kanker tulang jenis ini berkembang di sel tulang lengan, tungkai, dan panggul. Paling sering terjadi pada anak-anak dan remaja. Oleh karena itu, penting untuk juga untuk memperhatikan kesehatan anak-anak dan remaja

Cek Layanan Bina Kids Care dan Bina Adolescent Care untuk Kesehatan Terbaik Anak-Anak dan Remaja.

GEJALA KANKER TULANG

Terdapat 3 Gejala Utama pada Kanker Tulang, diantaranya adalah :

  • Nyeri Pada Tulang
    Pada area yang terkena kanker, biasanya akan terasa nyeri. Awalnya, nyeri hanya terasa sesekali, namun seiring berkembangnya sel kanker, rasa nyeri akan semakin sering muncul. Perlu Bina Family ketahui bahwa rasa nyeri ini akan semakin terasa ketika bergerak dan biasanya memburuk di malam hari
  • Bengkak Pada Daerah yang Terkena
    Pembengkakan dan Peradangan terjadi pada area yang terkena kanker. Pembengkakan ini dapat menyebabkan kesulitan dalam bergerak, mengangkat beban, atau berjalan.
  • Tulang Menjadi Rapuh
    Kanker yang berkembang pada sel tulang menyebabkan tulang menjadi rapuh. Jika stadium kanker nya sudah parah, cidera ringan saja dapat menyebabkan patah tulang.

Beberapa gejala lain yang juga mungkin dialami oleh penderita Kanker tulang adalah tubuh menjadi lemah, adanya penurunan berat badan tanpa sebab, dan mengalami gangguan saat bergerak.

PENTINGNYA DETEKSI DINI KANKER TULANG

Meskipun kanker tulang termasuk jenis kanker yang jarang terjadi, namun Deteksi Kanker Tulang Lebih Dini dapat membantu memperbesar kemungkinan sembuh.

Beberapa Pemeriksaan yang dapat dilakukan untuk medeteksi kanker tulang adalah :

  • Pemeriksaan Radiologi dengan Foto Rontgen
  • Tindakan Biopsi, dan
  • Tes Darah

Jika Bina Family Mengalami Nyeri Tulang yang Tak Kunjung Sembuh Dalam Beberapa Minggu Tanpa Sebab, segera konsultasikan ke Dokter Spesialis Orthopaedi di RSIA Bina Medika ya, Bina Family!

Cek Jadwal Dokter Spesialis Dan Lakukan Appointment dengan Mudah Melalui Mobile Apps RSIA Bina Medika.
Install di Google Playstore dan App Store

No Comments

Leave a Reply

Berikan Kesehatan Yang Terbaik
Untuk Anda dan Keluarga