Emergency Call
Registration
Follow Us

BUMIL WAJIB TAHU! TES NIPT UNTUK IBU HAMIL : MANFAAT, KELEBIHAN, DAN BIAYANYA

Tes NIPT untuk Ibu hamil

BUMIL WAJIB TAHU! TES NIPT UNTUK IBU HAMIL : MANFAAT, KELEBIHAN, DAN BIAYANYA

Non-Invasive Prenatal Testing (NIPT) atau yang juga dikenal dengan istilah skrining prenatal non-invasif (NIPS) ini adalah treatment medis yang dilakukan untuk mengetahui adanya potensi kelainan genetik pada janin. Tes ini diketahui sangat akurat untuk mengetahui apakah ada abnormalitas pada kromosom janin yang sedang berkembang dalam perut bunda. Apabila bunda sedang menjalani kehamilan, bunda wajib simak informasi mengenai manfaat, kelebihan, dan biaya tes NIPT untuk ibu hamil berikut ini!

MANFAAT TES NIPT UNTUK IBU HAMIL

Melalui proses pengambilan darah sederhana pada usia kehamilan mulai dari 10 – 12 minggu, NIPT mendeteksi kelainan kromosom umum yang dapat mempengaruhi masa depan perkembangan bayi. Terdapat 3 kelainan genetik yang dapat dideteksi dari NIPT, yaitu : Down Syndrome, Edward Syndrome, dan Patau Syndrome.

Down Syndrome, Edward Syndrome, dan Patau Syndrome merupakan kasus trisomy yang dapat dideteksi melalui NIPT. Trisomy adalah kondisi dimana jumlah kromosom seseorang lebih atau kurang dari jumlah kromosom orang pada umumnya. Pada anak-anak yang mengalami Down Syndrome, umumnya memiliki gangguan pada perkembangan kognitif, motorik, dan psikomotoriknya. Sedangkan kasus Edward Syndrome maupun Patau Syndrome lebih jarang terjadi dan penderitanya umumnya akan mengalami berbagai gangguan kesehatan dan kelainan fisik.

Deteksi dini gangguan-gangguan di atas sejak usia kehamilan 10 minggu dapat bermanfaat bagi bunda dan orangtua dalam mempersiapkan mental, menjalani konseling, dan melakukan manajemen stress sebelum memiliki bayi dengan kelainan genetik. Selain menganalisa kromosom, NIPT juga bisa membantu bunda mengetahui jenis kelamin bayi lebih awal. 

tes NIPT untuk Ibu hamil sangatlah penting, karena setiap calon orangtua membutuhkan persiapan mental yang cukup untuk merawat seorang anak.

KELEBIHAN TES NIPT UNTUK IBU HAMIL

Beberapa kelebihan dari tes NIPT untuk ibu hamil, diantaranya adalah :

  • Memiliki tingkat akurasi yang tinggi, yaitu mencapai 97 – 99%
  • Memiliki resiko yang rendah bahkan tidak beresiko bagi ibu maupun bayi yang dikandung.
  • Pemeriksaan dapat dilakukan dalam rentang waktu yang cukup luas, yaitu sejak kehamilan 10 minggu hingga akhir kehamilan.

BIAYA TES NIPT DI BINA MEDIKA

Bunda sudah bisa melakukan pemeriksaan NIPT di RSIA Bina Medika. Sebelum melakukan pemeriksaan, bunda juga dapat konsultasikan terlebih dahulu dengan Dokter Spesialis Kandungan dan Kebidanan Konsultan Fetomaternal di RSIA Bina Medika. Tentu bunda juga harus berkonsultasi mengenai langkah-langkah apa yang sebaiknya diambil selama kehamilan maupun setelah kelahirannya.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut dan melakukan pendaftaran, silakan Hubungi Customer Care kami melalui WhatsApp denga klik button di bawah ini :

No Comments

Leave a Reply

Berikan Kesehatan Yang Terbaik
Untuk Anda dan Keluarga