Emergency Call
Call Center
Follow Us

Apa Saja Perubahan Fisiologis Hamil Muda?

Apa Saja Perubahan Fisiologis Hamil Muda?

Setiap ibu hamil mungkin mengalami perubahan tubuh yang berbeda-beda. Namun ada tanda-tanda yang umum terjadi pada semua ibu, antara lain sebagai berikut.

1. Nyeri payudara
Anda mungkin merasakan perubahan pada payudara pada awal kehamilan.. Ini akan menjadi lebih lembut, lebih menyakitkan dan lebih sensitif. Hal ini dipicu oleh perubahan hormonal dalam tubuh sebagai persiapan produksi ASI.

2. Sakit Perut
Pada awal kehamilan, ibu mungkin merasakan nyeri pada perut bagian bawah mirip seperti menstruasi. Tingkat rasa sakit yang berbeda. Beberapa orang mengalami nyeri ringan, sedang, atau berat.

3. Muncul Bercak Darah
Bercak darah di awal kehamilan seringkali menjadi tanda sel telur yang telah dibuahi berhasil tertanam di dinding rahim. Hal ini merupakan kondisi yang wajar, namun jika pendarahan semakin deras dan nyeri semakin parah, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter untuk menghindari keguguran.

4. Perut mulai membesar
Perubahan pada lambung ibu hamil seringkali terlihat pada tiga bulan pertama kehamilan. Meski begitu, sejumlah ibu mungkin belum menunjukkan perubahan sampai memasuki trimester kedua. Ini normal terjadi dan tidak perlu dikhawatirkan.

5. Sembelit
Peningkatan kadar progesteron dapat memperlambat pergerakan makanan di saluran pencernaan. Hal ini dapat membuat ibu mengalami susah buang air besar.

6. Merasa pusing, mual dan muntah
Perubahan hormonal pada masa kehamilan seringkali menyebabkan pusing, mual dan muntah.. Kondisi ini sering terjadi pada pagi hari sehingga disebut juga dengan istilah Morning Sickness.

7. Sensitivitas terhadap aroma
Selain mual, perubahan hormonal juga akan membuat ibu menjadi lebih sensitif terhadap aroma tertentu. Mungkin ada bau yang sangat tidak Anda sukai saat hamil.

8. Nafsu Makan
Selain perubahan fisik, ibu hamil juga bisa mengalami perubahan rasa. Biasanya, Anda akan sangat menyukai makanan tertentu meskipun makanan tersebut tidak ada dalam menu Anda saat Anda belum hamil.

9. Asam lambung naik
Selain menyebabkan mual dan muntah, ibu hamil di trimester pertama umumnya juga mengalami rasa terbakar di perut (heartburn) karena asam lambung naik.

10. Mudah merasa lelah
Adanya perubahan besar pada tubuh membuat ibu mungkin akan mudah merasa lelah dan lebih banyak tidur saat trimester pertama kehamilan.

No Comments

Sorry, the comment form is closed at this time.

Berikan Kesehatan Yang Terbaik
Untuk Anda dan Keluarga