Emergency Call
Registration
Follow Us

5 Kondisi Membutuhkan Perawatan UGD

5-kondisi-kesehatan-yang-memerlukan-perawatan-ugd

5 Kondisi Membutuhkan Perawatan UGD

5 kondisi kesehatan yang membutuhkan perawatan UGD. Beberapa orang benar-benar tidak tahu penyakit apa yang bisa atau harus dirawat di ruang gawat darurat.

Baca juga: Nyeri Perut, Waspada Penyakit Kanker!

Berikut adalah beberapa kondisi yang memerlukan penanganan khusus segera di UGD:

1. Serangan jantung dan henti jantung

Serangan jantung adalah suatu kondisi di mana salah satu pembuluh darah jantung tersumbat. Penyakit ini terkadang menimbulkan gejala contohnya sesak napas mendadak, nyeri dada, dada sesak dan penuh.

Nyeri dada juga bisa muncul dan menyebar ke bagian lain seperti bahu, lengan, punggung, perut bahkan rahang bawah. Ini merupakan keadaan darurat yang memerlukan penanganan segera dan harus segera dibawa ke UGD rumah sakit karena kondisi ini dapat menyebabkan henti jantung jika tidak ditangani.

Henti jantung adalah suatu kondisi di mana jantung pasien tiba-tiba berhenti bekerja, menghentikan sirkulasi darah, yang dapat mengakibatkan kematian.

Jadwalkan pemeriksaan anda di sini

2. Cedera akibat kecelakaan

Kecelakaan yang menyebabkan banyak luka atau kerusakan fisik juga merupakan kondisi yang diprioritaskan oleh unit gawat darurat. Misalnya luka akibat kecelakaan lalu lintas, luka bakar, pendarahan yang berhenti, luka kepala atau tulang belakang, luka akibat sengatan listrik atau petir, dll.

3. Kesulitan bernapas

Setiap penyakit yang menyebabkan kesulitan bernafas, sesak nafas atau sesak nafas, sehingga tubuh kekurangan oksigen, termasuk dalam kategori kondisi yang memerlukan penanganan darurat.

Dapat disebabkan oleh masalah paru dan saluran napas seperti serangan asma, emboli paru, pneumotoraks, pneumonia, edema paru, penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), anemia, gagal jantung, dan syok anafilaktik. Kondisi tersebut merupakan kegawatdaruratan pernapasan yang membutuhkan perhatian segera dari unit gawat darurat rumah sakit.

4. Stroke

Salah satu kegawatdaruratan yang memerlukan perhatian segera di IGD adalah stroke. Kondisi ini dapat disebabkan oleh tersumbatnya pembuluh darah di otak atau pecahnya pembuluh darah di otak.

Gejalanya meliputi kesulitan berbicara atau berjalan, termasuk kelemahan atau kelumpuhan anggota tubuh, penglihatan kabur, sakit kepala, dan kehilangan kesadaran.

5. Keracunan

Keracunan merupakan kondisi yang juga membutuhkan penanganan darurat segera. Kondisi keracunan bisa termasuk menghirup, menelan atau menyentuh zat beracun, seperti keracunan makanan, serta overdosis obat atau alkohol.

Masih ada beberapa penyakit atau gejala penyakit lain yang juga perlu ditangani di UGD, yaitu:

  • Sakit kepala tiba-tiba
  • Kejang
  • Pingsan
  • Pendarahan aktif yang sulit dihentikan
  • batuk atau muntah darah
  • Demam tinggi disertai sakit kepala dan leher kaku
  • Diare yang tidak mau berhenti

Jika Anda dalam keadaaan darurat segera hubungi 021- 293 29 999

No Comments

Sorry, the comment form is closed at this time.

Berikan Kesehatan Yang Terbaik
Untuk Anda dan Keluarga