Emergency Call
Registration
Follow Us

Nyeri Perut, Waspada Pertanda Kanker!

Nyeri perut pertanda kanker

Nyeri Perut, Waspada Pertanda Kanker!

Nyeri perut adalah tanda kemampuan tubuh untuk bertahan jika terjadi gangguan atau kerusakan pada organ tubuh. Sensasi yang ditimbulkan dapat berbeda-beda tingkat nyerinya. Maka dari itu, beberapa terasa seperti tertusuk, tertekan, dan rasa tidak nyaman lainnya. Meski terlihat sepele, nyeri perut yang disertai gejala lain dapat menjadi indikasi penyakit serius yang perlu ditangani segera.

Baca juga: Kenali Gejala Hepatitis

Berikut adalah nyeri perut disertai gejala yang harus diwaspadai:

1. Nyeri perut disertai diare berdarah

Gejala ini dapat menandakan adanya infeksi bakteri, seperti Salmonella, Shigella, Campylobacter, atau E Coli. Infeksi bakteri disebabkan oleh makanan dan minuman yang tidak higienis atau pernah berinteraksi dengan orang yang terinfeksi. Jika tidak segera ditangani, infeksi bakteri ini dapat menyebabkan radang usus.

2. Nyeri hebat disertai muntah

Gejala ini dapat menjadi pertanda terjadi infeksi bateri maupun gastroenteritis akut. Gastroentiritis biasanya tidak disertai dengan diare berdarah.

3. Nyeri menjalar ke punggung

Rasa sakit yang intens pada perut atas hingga menjalar ke punggung dapat menjadi indikasi penyakit pankreatitis atau kolesistitis. Penyakit ini umumnya ditandai dengan gejala demam, muntah, mual, jantung berdebar, dan pembengkakan atau nyeri perut.

4. Nyeri diperut kanan bawah

Nyeri di area pusar lalu pindah ke perut kanan bawah, semakin sakit saat bergerak, menarik napas dalam, batuk, atau bersin merupakan pertanda apendisitis atau usus buntu. Biasanya juga disertai gejala demam, mual, muntah, sembelit, diare, dan bengkak.

5. Nyeri saat buang air kecil

Nyeri saat buang air kecil dapat menjadi pertanda batu ginjal. Rasa sakit umumnya datang dan pergi, serta bisa cukup parah hingga menyebabkan mual, muntah, dan menggigil. Gejala lainnya ialah urine berwarna merah.

6. Kram perut bagian bawah

Kram perut bagian bawah dan membaik setelah buang air besar disertai kembung, diare, sembelit dan sebagainya mungkin menjadi tanda sindrom iritasi usus besar.

7. Rasa sakit intens dan semakin memburuk

Rasa sakit yang intens dan memburuk dari waktu ke waktu dapat menandakan terjadinya endometriosis, yaitu jaringan lapisan rahim yang tumbuh di luar rahim atau organ lain. Gejala lainnya ialah rasa sakit saat BAK, nyeri kronis di punggung bawah dan panggul, dan nyeri saat berhubungan seksual.

8. Rasa tertusuk di satu sisi panggul

Rasa tertusuk atau tajam di salah satu sisi panggul disertai nyeri tumpul di perut bagian bawah dapat menjadi indikasi adanya kista ovarium yang pecah.

Apabila Bina Family mengalami beberapa gejala di atas dan memerlukan tindakan segera, silakan ke layanan spesialis bedah onkologi RSIA Bina Medika.

No Comments

Sorry, the comment form is closed at this time.

Berikan Kesehatan Yang Terbaik
Untuk Anda dan Keluarga