Emergency Call
Call Center
Follow Us

Wajib Tahu Perbedaan Miom dan Kista

Wajib Tahu Perbedaan Miom dan Kista

Perbedaan miom dan kista seringkali dapat diketahui dari bentuk dan letaknya. Miom adalah pertumbuhan sel jinak dari dinding otot rahim, sedangkan kista adalah massa yang dapat berkembang di hampir semua bagian tubuh, termasuk ovarium.

Hal inilah yang membuat sebagian besar orang sulit membedakan antara fibroid dan kista, terutama jika kista tumbuh di ovarium. Berbeda dengan fibroid yang biasanya berbentuk padat, kista seperti kantung dapat terisi darah, nanah, udara, atau jaringan tubuh.

Perbedaan Miom dan Kista Berdasarkan Penyebabnya

Penyebab munculnya miom dan kista belum diketahui secara pasti. Namun, beberapa faktor diduga dapat meningkatkan risiko seseorang terhadap kedua kondisi tersebut, antara lain:

Faktor Genetik

Faktor genetik atau genetik juga mempengaruhi munculnya fibroid atau kista. Ini berarti Anda lebih mungkin terkena fibroid atau kista jika Anda memiliki saudara kandung, ibu, nenek atau saudara sedarah lainnya dengan riwayat fibroid atau kista.

Hormonal

Kelebihan produksi hormon estrogen dan progesteron di ovarium dapat memicu pertumbuhan fibroid. Sedangkan kista ovarium, seperti pada PCOS, lebih cenderung terjadi pada wanita dengan kadar androgen yang tinggi.

Usia haid pertama terlalu dini

Pembentukan fibroid rahim juga terkait dengan usia pertama kali haid pada wanita. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa wanita yang menstruasi terlalu dini atau sebelum usia 10 tahun memiliki risiko fibroid yang lebih tinggi.

Miom atau kista biasanya tidak berbahaya, namun kondisi ini terkadang dapat menimbulkan keluhan yang mengkhawatirkan. Pada beberapa kasus, kista juga dapat menyebabkan gangguan kesehatan lain, seperti infeksi, peradangan, atau gangguan fungsi organ tempat terjadinya kista.

Perbedaan Miom dan Kista Berdasarkan Gejalanya

Miom dan kista seringkali tidak bergejala, terutama jika jumlahnya kecil atau sedikit. Gejala fibroid seringkali bergantung pada tempat munculnya kista atau fibroid, serta ukuran dan jumlah fibroid yang terbentuk. Namun, pada beberapa kasus, munculnya fibroid bisa ditandai dengan pendarahan vagina, nyeri panggul, nyeri perut, nyeri saat berhubungan seksual atau menstruasi, dan sering buang air kecil. Terkadang fibroid juga bisa membuat seorang wanita sulit hamil.

Gejala kista juga bisa sangat bervariasi, tergantung di mana kista itu terjadi. Seperti fibroid, kista biasanya jinak dan tidak selalu menimbulkan gejala yang khas. Namun, kista terkadang dapat menimbulkan gejala tertentu, seperti nyeri atau benjolan di tempat tumbuhnya kista. Oleh karena itu, untuk menentukan apakah Anda memiliki fibroid atau kista, Anda perlu menjalani pemeriksaan medis.

Pengobatan Miom dan Kista

Untuk fibroid dan kista yang berukuran kecil dan tidak menimbulkan gejala, biasanya dokter hanya memantau kondisi Anda dan meminta Anda untuk melakukan pemeriksaan rutin (watchful waiting) dengan tetap menjaga pola hidup sehat, seperti: seperti menghindari makanan tertentu.

Namun, jika menyebabkan gejala yang parah atau menyebabkan masalah kesehatan tertentu, seperti anemia akibat seringnya pendarahan vagina, nyeri, atau sulit hamil, dokter mungkin akan mengobati fibroid atau kista yang Anda miliki.

Untuk menghilangkan miom, dokter akan memberikan obat-obatan, seperti pil KB. Jika fibroid tumbuh lebih besar atau lebih besar, dokter Anda mungkin merekomendasikan operasi pengangkatan fibroid. Sementara itu, mengobati kista biasanya hanya bisa dilakukan dengan prosedur atau operasi.

Miom dan kista adalah dua kondisi yang berbeda, namun terkadang gejalanya bisa sama dan biasanya ringan. Namun, kondisi ini tidak boleh dianggap remeh karena berpotensi menimbulkan masalah kesehatan lainnya.

Oleh karena itu, Anda harus mengunjungi dokter secara berkala untuk mengetahui apakah terdapat fibroid atau kista pada tubuh Anda, terutama jika Anda memiliki gejala atau memiliki beberapa keluhan. Jika fibroid atau kista terdeteksi, dokter dapat segera memulai pengobatan yang sesuai. 

No Comments

Sorry, the comment form is closed at this time.

Berikan Kesehatan Yang Terbaik
Untuk Anda dan Keluarga