Emergency Call
Registration
Follow Us

USG ABDOMEN, APA SAJA MANFAATNYA?

USG Abdomen

USG ABDOMEN, APA SAJA MANFAATNYA?

Nyeri Perut dapat sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Nyeri perut umumnya disebabkan oleh gangguan fungsional maupun struktural pada organ-organ dalam perut.

Setelah dilakukan anamnesis (wawancara) dan pemeriksaan fisik oleh dokter, biasanya pasien dirujuk untuk melakukan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan laboratorium dan/atau pemeriksaan USG Abdomen.

Berbagai gangguan struktural ini mayoritas dapat dideteksi dengan pemeriksaan USG Abdomen. Bagaimana prosedur pemeriksaan dan detail manfaat USG Abdomen ini? Simak penjelasan lengkap dr. Ido N Bramantya, Sp.Rad(K), Spesialis Radiologi di RSIA Bina Medika, berikut ini!

APA ITU USG ABDOMEN?

USG (ultrasonografi) Abdomen merupakan pemeriksaan penunjang di bidang radiologi diagnostik menggunakan media gelombang suara (tanpa radiasi) untuk memeriksa mayoritas organ di dalam rongga perut. Organ-organ tersebut antara lain: hati, kandung empedu, ginjal, pankreas, limpa, kandung kemih, organ reproduksi, pembuluh darah besar, serta sebagian struktur saluran cerna.

Pemeriksaan dilakukan dengan menempelkan transducer USG (probe)  pada permukaan kulit perut. Transduser tersebut akan mereproduksi gambaran organ-organ di dalam perut, sehingga dapat dilakukan penilaian terhadap struktur anatomis organ termasuk kelainannya.

MANFAAT USG ABDOMEN

  1. Mendeteksi berbagai macam kemungkinan penyebab struktural nyeri perut
  2. Mendeteksi adanya batu saluran kemih ataupun saluran empedu
  3. Mendeteksi adanya pembengkakan saluran kemih ataupun kondisi infeksi
  4. Melengkapi data medis dan pemeriksaan penunjang pada kondisi gangguan fungsi hati ataupun ginjal (dari pemeriksaan laboratorium)
  5. Mendeteksi adanya benjolan (jinak maupun ganas) pada organ intra-abdomen yang tervisualisasi
  6. Pemeriksaan penunjang dan skrining pada pemeriksaan kesehatan rutin

USG Abdomen juga seringkali disarankan bila dokter anda mencurigai atau bila anda memiliki riwayat kondisi kesehatan sebagai berikut :

  • Cairan dalam rongga perut (ascites)
  • Batu empedu
  • Batu ginjal
  • Hernia
  • Benjolan/Tumor (di organ hati, ginjal, dan lainnya)
  • Infeksi organ dalam perut
  • Radang usus buntu (akut maupun kronis), serta
  • Pembesaran organ-organ di dalam perut karena berbagai penyebab
  • Gangguan aliran darah pada organ-organ tertentu di dalam perut

USG Abdomen juga dapat mendeteksi temuan Aneurisma Aorta Abdominal di dalam perut. Aneurisma Aorta Abdominal adalah kondisi pelebaran pembuluh darah utama dari jantung ke organ-organ perifer. Kelompok pria berusia di atas 65 tahun dan memiliki kebiasaan merokok beresiko tinggi mengidap penyakit ini. Oleh karena itu, skrining USG Abdomen pada kelompok usia rentan sangat penting dilakukan.

USG Abdomen juga bermanfaat dalam memberikan panduan sebelum atau saat melakukan prosedur medis minimal invasif tertentu, diantaranya :

  • Biopsi core needle organ dalam perut, USG Abdomen dapat membantu dokter memastikan letak jarum tepat pada lokasi kelainan untuk mengambil sampel kecil jaringan.
  • Membantu dokter mengeluarkan cairan patologis seperti kista atau abses.

APA SAJA YANG HARUS DIPERSIAPKAN?

  • Puasa makan dan minum (kecuali air putih) 8 jam (atau sesuai usia pada pasien anak) sebelum pemeriksaan USG
  • Menahan buang air kecil 2 jam sebelum pemeriksaan (kecuali tidak memungkinkan pada kelompok usia tertentu)
  • Pastikan dengan dokter terkait perihal konsumsi obat-obatan yang masih diperbolehkan untuk dikonsumsi dalam masa persiapan sebelum USG Abdomen. 

Itu tadi berbagai manfaat USG Abdomen dan hal-hal yang perlu Bina Family ketahui!
Dalam Semangat Kemerdekaan, RSIA Bina Medika Menghadirkan Paket MCU Merdeka “SEHATKAN PERUT” untuk pemeriksaan USG Abdomen dan berbagai Paket MCU Merdeka lainnya!

No Comments

Leave a Reply

Berikan Kesehatan Yang Terbaik
Untuk Anda dan Keluarga