Emergency Call
Registration
Follow Us

TIPS MENGHADAPI OMICRON UNTUK IBU HAMIL

Mencegah OMICRON untuk Ibu Hamil

TIPS MENGHADAPI OMICRON UNTUK IBU HAMIL

Munculnya varian baru OMICRON, menyebabkan angka kasus covid-19 di Indonesia mengalami pelonjakan. Di tengah kondisi ini, Ibu Hamil menjadi salah satu kelompok yang rentan mengalami penularan. Namun Bunda dan Bina Family tidak perlu khawatir secara berlebihan. Dokter spesialis Obstetri dan Ginekologi RSIA Bina Medika, dr. Agriana Puspitasari, Sp.OG menjelaskan beberapa Tips yang bisa bunda lakukan untuk mencegah penularan virus

Segera Dapatkan Vaksin Covid-19

Vaksinasi dapat menurunkan keparahan infeksi dan resiko kematian akibat COVID-19. Sebelum melakukan vaksinasi COVID-19, Bunda perlu menjalankan proses skrining status kesehatan yang lebih detail dan ketat. Upaya pemberian vaksinasi COVID-19 dengan sasaran ibu hamil juga telah mendapat rekomendasi dari Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI).

Makan Bergizi dan Tidur Cukup

Mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang dan pola tidur yang cukup dapat meningkatkan daya tahan tubuh bagi Ibu hamil. Saat tidur, metabolisme tubuh akan optimal, sehingga Istirahat atau tidur yang cukup selama 6 – 8 jam perhari dapat meningkatkan imunitas. Daya tahan tubuh yang kuat dapat mengurangi resiko penularan virus dan penyakit.

Tetap Aktif dengan Melakukan Olahraga Secara Rutin

Yoga Ibu Hamil untuk Mencegah OMICRON

Olahraga dapat meningkatkan respon imun yang berguna dalam mengurangi resiko keparahan infeksi akibat Covid-19. Olahraga yang aman dilakukan adalah kegiatan-kegiatan fisik yang ringan seperti jalan santai, renang, dan yoga. 

Jangan Menyentuh Area Wajah Sebelum Mencuci Tangan dengan Sabun

Tangan merupakan sumber penyebaran Covid-19 terbesar karena seringkali melakukan kontak dengan benda-benda sekitar. Jika tangan yang terkontaminasi menyentuh selaput lendir di bagian wajah, maka memungkinkan kuman dan virus yang menyebabkan infeksi pernapasan dapat masuk ke dalam tubuh. Oleh karena itu, pastikan bunda selalu mencuci tangan dengan sabun untuk mencegah penyebaran virus Covid-19.

Menghindari Kerumunan dan Memakai Masker di Tempat Umum

Pada kondisi-kondisi yang mengharuskan Bunda keluar rumah, pastikan untuk selalu menjauhi kerumunan orang dan selalu memakai masker untuk mencegah penularan virus Covid-19. Ketatkan kembali protokol kesehatan 6M untuk memutus penularan virus.

Konsultasi Medis Online Kecuali ada Kegawatan

Saat hamil, bunda mungkin perlu melakukan konsultasi dengan dokter Obgyn di Rumah Sakit jika merasakan keluhan-keluhan medis seputar kehamilan. Namun saat kondisi pandemi seperti ini, bunda sebaiknya tidak datang ke Rumah Sakit untuk menghindari kerumunan. Dengan kemajuan teknologi digital saat ini, Bunda bisa melakukan konsultasi dengan dokter secara online dari rumah. Konsultasi online dengan dokter Spesialis juga bisa dilakukan dengan layanan Telekonsul di RSIA Bina Medika loh, Bunda!

Nah itu tadi beberapa tips yang perlu bunda ketahui untuk menghadapi varian OMICRON saat sedang hamil. Menjaga kesehatan saat kehamilan memang memerlukan perhatian khusus dan ekstra. Pastikan bunda memilih layanan kesehatan yang mengutamakan kenyamanan dan keselamatan Bunda dan Si Kecil seperti di RSIA Bina Medika.

No Comments

Leave a Reply

Berikan Kesehatan Yang Terbaik
Untuk Anda dan Keluarga