Emergency Call
Registration
Follow Us

TANDA-TANDA MATA KATARAK DAN CARA MENGATASINYA

Tanda mata katarak dan penanganannya

TANDA-TANDA MATA KATARAK DAN CARA MENGATASINYA

Katarak adalah gangguan pada lensa mata yang menyebabkan penglihatan menjadi tampak keruh atau seperti ada kabut yang menghalangi. Secara umum, katarak bisa disebabkan karena penuaan, adanya perubahan jaringan pasca trauma, atau komplikasi dari penyakit seperti Diabetes. Penyakit ini berlangsung secara perlahan, namun efek jangka panjangnya dapat menyebabkan kebutaan. Oleh sebab itu penting untuk mengetahui tanda-tanda mata mengalami katarak serta bagaimana pengobatan (treatment) yang bisa dilakukan.

TANDA-TANDA MATA MENGALAMI KATARAK

Tanda yang paling terasa adalah pandangan menjadi keruh seperti tertutup kabut atau asap. Kondisi ini bisa berlangsung pada salah satu mata saja, atau keduanya. Akan tetapi kekeruhan tidak menjalar dari mata yang satu ke yang lain. Sehingga jika satu mata mengalami katarak, belum tentu mata yang lainnya akan ikut mengalaminya juga.

Beberapa Gejala yang dialami penderita katarak, diantaranya adalah :

  • Pandangan kabur seperti berkabut
  • Warna terlihat memudar
  • Sangat sensitif terhadap cahaya dan silau
  • Melihat lingkaran cahaya di sekitar lampu
  • Kesulitan melihat saat malam hari
  • Objek terlihat ganda ketika melihat dengan satu mata
  • Ukuran lensa kacamata sering berubah-ubah

Pada tahap awal, sensasi melihat kabut mungkin hanya terjadi pada sebagian kecil lensa mata, sehingga seringkali gangguan ini tidak disadari. Namun seiring berjalan nya waktu, “kabut” ini akan mengaburkan pandangan secara lebih luas.

Oleh karena itu, penting untuk melakukan pemeriksaan mata secara rutin ke dokter spesialis mata, guna antisipasi adanya berbagai gangguan pengelihatan yang dapat mengganggu aktivitas. Terutama jika Bina Family termasuk kelompok orang dengan faktor resiko katarak, yaitu :

  • Lansia
  • Memiliki keluarga dengan riwayat katarak
  • Pernah mengalami trauma pada mata atau operasi mata
  • Konsumsi alkohol atau merokok
  • Pengidap penyakit Diabetes, Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi), atau obesitas
  • Beraktivitas dengan paparan sinar matahari yang lama, dan
  • Pengguna obat kortikosteroid jangka panjang

MENGATASI MATA KATARAK

Katarak pada mata dapat disembuhkan, treatment yang perlu dilakukan tentunya akan berbeda-beda tergantung pada tingkat keparahan yang dirasakan.

Pada katarak fase awal (gejala ringan), bantuan cahaya yang lebih kuat serta kacamata dapat digunakan untuk membantu pandangan dalam aktivitas sehari-hari. Namun, apabila pandangan semakin keruh, maka penanganan yang bisa dilakukan adalah Operasi, salah satunya Phacoemulcification.

APA ITU PHACOEMULCIFICATION?

Tindakan Operasi Phacoemulcification merupakan tindakan bedah dengan sayatan minimal (Minimally Invasive Surgery) pada tepi kornea. Selanjutnya meggunakan alat yang menghasilkan gelombang ultrasonik, lensa katarak dihancurkan dan diambil menggunakan alat penghisap. Setelah katarak bersih, akan dilakukan pemasangan lensa intraokular untuk membantu fokus penglihatan mata setelah operasi.

FUN FACT TINDAKAN PHACOEMULCIFICATION DI RSIA BINA MEDIKA

  1. Menggunakan Anestesi lokal, dengan obat tetes mata yang membuat mata menjadi baal, namun pasien tetap sadar selama operasi berlangsung.
  2. Proses Operasi Cepat, Operasi ini hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam dan tanpa rasa nyeri.
  3. Walk in & Walk Out Surgery, sehingga tidak memerlukan rawat inap dan pasien bisa langsung pulang setelah operasi.
  4. Proses pemulihan cepat, umumnya setelah 1 hari pasien sudah dapat kembali beraktivitas secara normal.
  5. Ditangani tim Dokter Spesialis Mata yang Handal & Komunikatif, Tim dokter dan perawat, serta staff yang ramah dan memberikan edukasi yang jelas dapat membuat Bina Family merasa nyaman dan tenang saat melakukan tindakan Phacoemulcification.

Bina Family atau keluarga di rumah memiliki keluhan mata buram atau gangguan mata lainnya? Yuk konsultasikan keluhan anda di Ophtalmologic Care RSIA Bina Medika!

Jadwal Dokter Mata
Screening Katarak
Discount 20% Screening Katarak
Operasi Katarak
Promo Operasi Katarak Phacoemulcification

Informasi & Pendaftaran, hubungi WhatsApp Customer Care RSIA Bina Medika :

Pelayanan Terbaik untuk Anda dan Keluarga? Yuk ke Bina Medika! Care With Love

No Comments

Leave a Reply

Berikan Kesehatan Yang Terbaik
Untuk Anda dan Keluarga