Emergency Call
Call Center
Follow Us

Perut Buncit Setelah Melahirkan? Kenapa Ya?

Perut Buncit Setelah Melahirkan? Kenapa Ya?

Banyak ibu mengalami perut buncit setelah melahirkan. Otot perut yang kendur, kulit yang kendur, dan lemak perut akan menurunkan rasa percaya diri wanita setelah melahirkan. Sebenarnya, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menjadi lebih besar setelah melahirkan?

Mengapa perut buncit setelah melahirkan?

Bunda mungkin telah mencoba berbagai cara untuk mengecilkan perut pasca melahirkan, tetapi mengapa prosesnya terasa begitu lama? Ya, pertanyaan ini sering muncul di benak para ibu baru yang baru saja melahirkan dan merasa perutnya membesar.

Pada dasarnya, perut buncit pada trimester pertama atau awal kehamilan adalah hal yang wajar, bahkan setelah melahirkan.

Butuh waktu dan caranya sendiri bagi tubuh untuk kembali ke ukuran sebelum hamil dan lahir.

Hal ini karena selama masa kehamilan, ukuran perut akan berangsur-angsur membesar seiring dengan pertumbuhan bayi.

Saat melahirkan, ukuran perut buncit tidak serta-merta mengecil saat bayi lahir. Perut perlu beberapa waktu untuk menyesuaikan diri dari besar menjadi mengecil.

Pada dasarnya perut akan kembali ke ukuran semula dan menjadi lebih stabil, namun secara bertahap.

Hormon dalam tubuh merupakan salah satu hal yang berperan dalam mengecilkan perut setelah melahirkan.

Selama kurang lebih 4 minggu atau masa nifas, jumlah hormon ini akan berkurang sehingga perut dapat mengecil kembali ke ukuran semula.

Selain itu, semua sel tubuh biasanya membengkak dan tumbuh, misalnya tangan, perut, dan kaki membengkak setelah melahirkan. Seiring waktu, sel-sel dalam tubuh, termasuk lambung, akan mulai mengeluarkan cairan dalam bentuk urin, keringat, dll.

Faktanya, semakin lama dan semakin sering Anda menyusui, semakin banyak lemak yang disimpan tubuh Anda mulai terbakar.

Namun, dibutuhkan setidaknya beberapa minggu bagi Anda untuk melihat hasil nyata setelah menerapkan banyak metode mengecilkan perut pasca melahirkan.

Berapa lama perut kembali ke ukuran semula?

Waktu yang dibutuhkan tubuh wanita untuk kembali normal setelah melahirkan tidak selalu sama. Hal yang sama berlaku untuk menghilangkan lemak perut pascapersalinan, yang tidak selalu berhasil untuk beberapa ibu.

Anda mungkin pernah mendengar atau bahkan melihat dengan mata kepala sendiri bahwa ada ibu yang ukuran pinggangnya bisa kembali normal hanya beberapa bulan setelah melahirkan.

Di sisi lain, ada juga ibu yang membutuhkan lebih banyak waktu dan cara yang berbeda untuk mulai menyusut kembali seperti sebelum hamil setelah melahirkan.

Tak perlu khawatir jika Anda termasuk golongan ibu yang membutuhkan lebih banyak waktu dan cara lain untuk mengecilkan perut buncit pasca melahirkan.

Namun, kesabaran dan usaha adalah bagian penting dari proses ini. Pasalnya, selama kurang lebih 9 bulan, otot perut meregang akibat harus menggendong bayi.

Oleh karena itu, setelah melahirkan, wanita harus menghabiskan banyak waktu dan berbagai cara untuk mengecilkan ukuran dan kondisi perut seperti semula.

Beberapa faktor memengaruhi kecepatan dan hasil berbagai metode untuk mengembalikan perut Anda ke normal setelah melahirkan, termasuk:

– Ukuran perut sebelum hamil.
– Pertambahan berat badan selama kehamilan.
– Tingkat aktivitas setelah melahirkan.
– Gen tubuh.

Bunda akan lebih mudah menurunkan berat badan dan melakukan tindakan mengecilkan perut seperti dulu setelah melahirkan, jika:

– Pertambahan berat badan selama hamil tidak mencapai 13,6 kilogram (kg).
– Berolahraga secara teratur selama kehamilan.
– Menyusui bayi.
– Hamil dan melahirkan anak pertamanya.

Tags:
No Comments

Sorry, the comment form is closed at this time.

Berikan Kesehatan Yang Terbaik
Untuk Anda dan Keluarga