Emergency Call
Call Center
Follow Us

Bisakah Kelahiran Normal Tanpa Rasa Sakit?

Melahirkan metode ILA - RSIA Bina Medika

Bisakah Kelahiran Normal Tanpa Rasa Sakit?

Melahirkan normal merupakan cita-cita bagi banyak ibu yang sedang mengandung. Namun, bagi Bunda yang sedang hamil anak pertama, proses persalinan atau melahirkan bayi normal melalui vagina biasanya dirasa sedikit menakutkan. Bisakah Kelahiran Normal Tanpa Rasa Sakit?

Sebenarnya Bunda tak perlu khawatir. Pasalnya, saat menuju kelahiran, tubuh ibu secara alami akan memberikan jalan keluar untuk melahirkan bayi dengan cara normal.

Nah, agar lebih berani dan siap dalam menghadapi kelahiran, ketahui serangkaian tahapan persalinan atau melahirkan normal dulu sebelum waktu yang sesungguhnya tiba. Apa saja tanda-tanda kelahiran normal?

Kelahiran normal adalah proses di mana seorang wanita mengeluarkan janin yang sudah berkembang dari rahimnya melalui vagina.

Biasanya proses persalinan normal ini optimal terjadi pada usia kehamilan minggu ke-38.

Nah, saat Bunda memasuki tahap akhir kehamilan, yaitu trimester ketiga, dokter biasanya menyarankan Bunda untuk lebih berhati-hati dan peka terhadap gejala persalinan.

Tanda-tanda persalinan normal bisa berbeda pada setiap wanita. Berikut ini adalah tanda-tanda ibu akan melahirkan.

– Kontraksi teratur.
– Lendir dan/atau perdarahan.
– Pembukaan atau pelebaran jalan lahir atau leher rahim.

Bunda akan merasakan sakit atau tidak nyaman di punggung, perut bagian bawah, tekanan panggul. Berbeda dengan persalinan palsu, persalinan asli tidak hilang saat Bunda berganti posisi, bersantai, atau bahkan berjalan-jalan.

Kelahiran normal berbeda dengan kelahiran spontan

Penting untuk dipahami bahwa persalinan normal berbeda dengan persalinan spontan.

Kelahiran spontan adalah proses kelahiran pervaginam yang terjadi tanpa menggunakan alat atau obat tertentu, baik dengan cara induksi, vakum atau cara lainnya.

Jadi kelahiran ini sangat bergantung pada tenaga dan usaha ibu untuk mengeluarkan bayinya tanpa bantuan obat-obatan.

Pada persalinan spontan, persalinan dapat terjadi di punggung (kepala janin lahir terlebih dahulu) atau di punggung (lutut). Sementara bayi lahir secara normal, kelahiran biasanya terjadi di area posterior.

Persalinan normal biasanya dilakukan di rumah sakit.

Meski sebagian besar ibu hamil melahirkan di rumah sakit, namun ada ibu yang lebih memilih melahirkan di rumah.

Selain dengan cara medis, para ibu nantinya juga mengupayakan persalinan yang lancar dengan proses kelahiran yang normal.

Bila perlu, dokter nantinya dapat memberikan induksi persalinan medis tergantung kondisi ibu dan bayi. Ingat juga untuk menyiapkan berbagai persiapan persalinan dan perlengkapan persalinan tepat waktu.

Apa langkah-langkah dalam proses kelahiran normal?

Jika usia kehamilan mendekati waktu persalinan, persiapkan diri Bunda dan orang-orang di sekitar Bunda untuk menunggu waktu persalinan yang sebenarnya. Jangan khawatir, tubuh memiliki kemampuan alami untuk memberikan jalan keluar bagi bayi sebelum lahir normal.

Otot-otot di sekitar jalan keluar bayi biasanya mengencang dan melebar agar bayi bisa lewat dengan mudah saat melahirkan normal.

Melahirkan tanpa rasa sakit

Bunda dapat melahirkan secara normal di RSIA Bina Medika tanpa rasa sakit dengan metode ILA.

Baca juga: LAHIRAN NORMAL DENGAN MINIMAL RASA SAKIT? METODE ILA SOLUSINYA!

ILA (Intrathecal Labour Analgesia) adalah metode melahirkan normal dengan penyuntikan obat pereda nyeri di tulang belakang untuk meminimalisir nyeri saat fase aktif persalinan. Dengan metode ILA, melahirkan secara normal menjadi lebih nyaman dan minimal nyeri saat kontraksi.

Metode ILA tergolong metode yang aman dan minim resiko komplikasi. Akan tetapi bunda pastinya tetap perlu berkonsultasi dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk memastikan kondisi bunda aman untuk menjalankan persalinan secara normal. Jika bunda sedang merencanakan persalinan yang nyaman, bunda bisa berkonsultasi dengan Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi (Obgyn) di RSIA Bina Medika.

No Comments

Sorry, the comment form is closed at this time.

Berikan Kesehatan Yang Terbaik
Untuk Anda dan Keluarga