Emergency Call
Registration
Follow Us

ANTIGEN NASAL, TES SWAB ANTIGEN YANG RAMAH ANAK

Tes SWAB Antigen Nasal

ANTIGEN NASAL, TES SWAB ANTIGEN YANG RAMAH ANAK

Pandemi covid-19 masih belum berakhir. Salah satu upaya yang dianjurkan untuk memutus penyebaran virus covid-19 adalah dengan melakukan tracing test covid-19. Tes Swab Antigen menjadi pilihan yang lebih disukai masyarakat karena hasilnya bisa diperoleh dalam waktu yang lebih cepat. Namun, proses pengambilan sampel yang dilakukan pada tes Swab Antigen seringkali dirasakan tidak nyaman terutama untuk anak-anak. Bunda dan Ayah pasti sering merasa khawatir ketika melakukan tes swab antigen untuk anak karena takut anak merasa sakit, tidak nyaman, dan akhirnya menangis rewel. 

Baca juga : Apakah Bayi Harus di SWAB?

Saat ini, ayah dan bunda memiliki alternatif untuk melakukan tes screening covid-19 pada anak yaitu menggunakan Tes Swab Antigen Nasal. Metode ini memiliki beberapa perbedaan dengan Tes Swab Antigen reguler dan dirancang untuk meminimalisir rasa sakit, sehingga lebih cocok dan nyaman untuk anak-anak dan bayi.

Perbedaan Swab Antigen Nasal dengan Swab Antigen Reguler

Beberapa hal yang perlu Bina family ketahui terkait perbedaan Swab Antigen Reguler dan Antigen Nasal adalah sebagai berikut :

Lokasi Pengambilan Sampel

Pada Swab Antigen Reguler, pengambilan sampel dilakukan sampai ke Nasofaring, yakni pangkal tenggorokan. Hal inilah yang membuat proses pengambilan swab antigen terasa tidak nyaman. Namun pada swab antigen nasal, pengambilan hanya dilakukan sedalam 2 cm dari permukaan lubang hidung dan tidak invasif.

Alat Swab yang Digunakan

Pada test antigen reguler, swab yang digunakan terbuat dari Dakron atau rayon steril dengan tangkai plastik yang lebih lentur. Sedangkan pada tes antigen Nasal, alat swab yang digunakan memiliki tekstur yang lebih lembut.

Proses Pengambilan Sampel Spesimen

Pengambilan sampel spesimen pada swab antigen reguler dilakukan dengan gerakan memutar setelah swab dimasukan ke nasofaring. Sedangkan pada antigen nasal, swab diputar 5 kali mengelilingi dinding hidung pada lubang pertama dan kedua.

Itu dia beberapa perbedaan Swab Antigen Nasofaring dan Antigen Nasal yang perlu Bina Family ketahui. Saat ini, Layanan Tes Antigen Swab Nasal tersedia di RSIA Bina Medika. Jadi Bunda dan Ayah tidak perlu khawatir lagi karena Screening Covid-19 untuk anak lebih nyaman dengan Tes Swab Antigen Nasal.

No Comments

Leave a Reply

Berikan Kesehatan Yang Terbaik
Untuk Anda dan Keluarga